Musdes RKPDes Desa Binuanga, Sunarto Van Gobel : Musdes Mengacu Pada RPJMDes Dan Dituangkan Dalam RKP

0
375

Celebes.news, BOLMUT – Pemerintah Desa Binuanga, Kecamatan Bolangitang Timur, Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut), hari ini melaksanakan Musyawarah Desa (Musdes) Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKPDes) tahun 2021, bertempat di Balai Desa Binuanga, 13/08/2020.

Sambutan Sangadi Binuanga

Kepala Desa (Sangadi/red) Binuanga, Sunarto Van Gobel, mengatakan, seluruh usulan dalam Musdes hari ini mengacu pada Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJMDes) dan dituangkan dalam RKPDes.

“Semua usulan dalam Musdes diambil dari RPJMDes, dituangkan dalam RKP dan dimusyawarahkan pada hari ini” ungkapnya.

Van Gobel menambahkan, kegiatan hari ini juga dititik beratkan tentang penggunaan Dana Desa dan Alokasi Dana Desa (ADD).

“Perencanannya fokus pada  pembangunan melalui penggunaan dana desa yaitu untuk pengembangan objek wisata mangrove dengan tidak meninggalkan ketentuan lain untuk pencegahan stunting” Kata Sunarto Van Gobel.

Pendamping Desa, Dicky Kurniawan Lauma.SH, mengungkapkan, usulan-usulan dalam Musdes harus bersumber dari RPJMdes, dimana RPJMDes merupakan rencana tahunan selama 6 tahun dan RKP untuk 1 tahun pada tahun berikutnya.

“Usulan-usulan pada hari ini menjadi dasar penyusunan APBDes pada tahun 2021. Selanjutnya semua usulan dapat dimasukan dalam dokumen RKPDes dan ketika regulasinya turun kita menyesuaikan untuk prioritas-prioritas usulan pembangunan yang dibiayai oleh Dana Desa” Pungkas Lauma.

Sementara itu, Kasie PMD Kecamatan Bolangitang Timur, Lisnawati Laiko, mengharapkan, pihak desa dapat menganggarkan untuk bibit holtikultura yang merupakan program dari TPP PKK Kecamatan dan Desa di Bolangitang Timur.”Camat Bolangitang Timur mengharapkan agar desa Binuanga dalam Musdes hari ini dapat mengusulkan anggaran untuk pengadaan bibit holtikultura” Kata Lisnawati Laiko. (Min)

Ads