Lakukan Penghijauan, Pemkab Bolmong Juga Tutup Areal PETI

0
19
Sekretaris Daerah, Tahlis Galang, saat melakukan penanaman bibit pohon di Lokasi TNBNW. (Foto Istimewa)

Celebes.News, BOLMONG – Bekerjasama sama dengan Balai Taman Nasional Bogani Nani Wartabone (TNBNW), Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow (Bolmong), menutup lubang pertambangan emas tanpa izin (PETI) di Lokasi Potolo, Desa Tanoyan Selatan, Kecamatan Lolayan, yang dilakukan kemarin Rabu (14/10).

Kegiatan tersebut sekaligus dengan melakukan penghijauan di lokasi PETI Patolo, yang merupakan areal TNBNW.

Sekretaris Daerah (Sekda) Bolmong Tahlis Gallang, dalam sambutannya menyambut baik dan memberikan apresiasi atas kegiatan tersebut. “Ini sebagai wujud kepedulian kita semua selaku penanggung jawab konservasi kawasan hutan lindung yang ada wilayah kerja TNBNW,” ujarnya.

Menurutnya, kerusakan lingkungan akibat penambangan ilegal terjadi karena aktivitas penambang yang dilakukan tidak memperhatikan asas good minning practies dari penggunaan sianida dan mercuri yang menyebabkan terjadinya kerusakan lingkungan. “Selain itu, kegiatan penambangan ilegal juga berpotensi mengancam keselamatan jiwa. Karena, abainya pelaku tambang ilegal terhadap prosedur operasional keselamatan kerja,” ungkap Tahlis.

Ia pun berharap, pihak taman nasional akan terus mengawasi lokasi ini. Sehingga, tidak ada lagi aktivitas penambangan ilegal.

Hadir dalam keiatan ini diantaranya Kepala Balai TNBNW drh. Supriyanto dan Direktur PPH Ditjen Gakkum Kementerian LHK Ir. Sustyo Iriono, M.Si. (**)

google.com, pub-7622361868066708, DIRECT, f08c47fec0942fa0

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here