Pilsang Bohabak IV, Berikut Prediksi Calon Pengganti Hamka Usup

0
35

Celebes.news, Opini – Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) akan melaksanakan Pemilihan Sangadi (Pilsang) serentak di tahun 2021, salah satunya di desa Bohabak IV Kecamatan Bolangitang Timur.

Diketahui, Kepala Desa (Sangadi,red) Bohabak IV Hamka Usup telah menduduki jabatan tersebut selama dua periode dan tidak lagi mencalonkan diri.

Desa Bohabak IV merupakan desa yang terdiri dari berbagai suku, agama dan juga memiliki tensi politik tinggi disetiap perhelatan politik baik pemilihan legislatif dan pemilihan kepala daerah.

Tentunya dengan kondisi masyarakat yang heterogen ini dibutuhkan figur kepemimpinan yang bisa merangkul segala perbedaan mulai dari pra Pilsang dan pasca Pilsang di Bohabak IV.

Hasil survey yang dilakukan, bermunculan sejumlah nama yang kelak akan menggantikan Hamka Usup pada Pilsang yang akan dilaksanakan beberapa bulan lagi.

Berikut prediksi calon pengganti Hamka Usup sebagai Sangadi Bohabak IV tahun 2021 :
1. Ishak Tongka
Figur satu ini merupakan mantan Sekretaris Desa (Sekdes) Bohabak IV yang bakal mencalonkan diri pada Pilsang Bohabak IV tahun ini. Kemampuannya dalam administrasi desa tak diragukan lagi karena telah puluhan tahun berkecimpung di Bohabak IV dan dapat meraih simpati. Namun, beliau saat ini merupakan seorang ASN yang menjabat sebagai Sangadi di Bohabak I. Dibutuhkan keberanian besar dan rela meninggalkan jabatan ASN apabila siap maju sebagai calon Sangadi. Jika Tongka lebih memilih menjadi sebagai ASN, tentunya keluarga besar beliau menjadi yang ditunggu-tunggu akan mendukung calon yang mana. Kita tunggu saja.
2. Salmin Aku
Pemuda ini memiliki keluarga besar yang mendiami Bohabak IV dan bisa dipastikan akan total mendukungnya pada Pilsang yang akan dilaksanakan oleh Pemkab Bolmut nanti. Sosok ini terbilang populis di dunia politik baik ditingkat kabupaten hingga propinsi yang dapat menjadi tolak ukur bagi masyarakat atas kemampuannya dalam mencapai akses-akses pembangunan melalui lobi-lobi dengan jalur politik. Apalagi dikalangan anak muda, dirinya yang terbilang kritis menjadi motivator bagi pemuda Bohabak IV dalam peningkatan intelektual anak muda desa. Jika dirinya menetapkan hati maju di Pilsang tahun ini, lawan-lawannya akan memberikan perhatian penuh terhadap sosok Salmin Aku yang juga  seorang Jurnalis.
3. Djainuri Pontoh
Calon yang diprediksi akan menggantikan Hamka Usup, yaitu Djainuri Pontoh. Dari marganya bisa diketahui berasal dari Bolangitang yang tentunya akan memanggil para pemilih yang memiliki rasa kebersamaan sebagai anak putra Bolangitang. Tentu hal ini bila dilihat dari sisi politis, terkadang tak berlaku seperti demikian. Lanjut, Pontoh saat ini menjabat sebagai Kaur di Bohabak IV yang telah memiliki segudang pengalaman dalam penanganan seluruh masalah yang ada di Bohabak IV. Karena menghadapi masyarakat Bohabak IV yang memiliki perbedaan mulai dari tingkat ekonomi, tingkat pendidikan dan seterusnya dibutuhkan pemimpin yang terkadang bisa menjadi orang tua, sahabat dan imam bagi masyarakatnya. Figur ini telah mengabdikan diri di Bohabak IV yang terbilang sangat lama dan telah teruji loyalitas serta integritasnya dimata masyarakat dan dapat meraih simpati baik di kalangan pemilih asal Bolangitang dan asal Gorontalo yang mendiami desa Bohabak IV ini.
4. Kismat Ismail
Memiliki segudang pengalaman di dunia pemberdayaan mulai dari PPK dan PNPM , Imad sapaan akrabnya, sangat jelas memiliki hubungan sosial yang kuat ditengah masyarakat Bohabak IV yang dibuktikan atas kemampuannya menjalankan tugas-tugas dengan amanah dan bertanggung jawab. Dirinya juga memiliki keluarga besar di Bohabak IV yang tentunya tak bisa dibantah akan mendukung Ismail saat menjadi calon Sangadi di desa yang memiliki tensi politik tinggi serta menjadi barometer perpolitikan di Kecamatan Bolangitang Timur. Sepak terjangnya di dunia politik juga tak bisa diremehkan. Pasalnya kemampuannya telah teruji pada moment politik baik pemilihan kepala daerah dan pemilihan legislatif. Tokoh masyarakat ini juga menjadi seorang pemerhati pembangunan di sebuah LSM yang menjadi wujud kecintaannya terhadap daerah Bolmut dan khususnya di desanya sendiri. Majunya Kismat Ismail diprediksi akan memberikan warna tersendiri pada Pilsang tahun ini karena selain keluarga besar di Bohabak IV, sosok ini mampu maraih simpati di semua pemilih di Bohabak IV yang memiliki karakteristik yang telah uraikan sebelumnya. (Red)

Foto : Istimewa

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here