Ini Makna Filosofis Buah Kelapa Pada Maskot Pilsang Serentak di Bolmut Tahun 2021

0
53

Celebes.news, Bolmut – Maskot Pemilihan Sangadi (Pilsang) serentak di 72 desa di Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) tahun 2021 resmi digunakan.

Maskot Pilsang Bolmut 2021

Diketahui, Maskot yang digunakan untuk pemilihan kepala desa (Sangadi,red) ini dipilih oleh Bupati Bolmut Drs.Hi.Depri Pontoh yang menampilkan buah Kelapa yang merupakan komoditi utama daerah paling Utara Bolmong ini.

Terkait logo dan maskot tersebut, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Pemerintah Kabupaten Bolmut Fadly T.Usup.SE.MM mengatakan, maskot tersebut memiliki lima makna tersendiri dalam pelaksanaan Pilsang serentak tahun ini.

“Bongo atau Vango memiliki sejumlah  arti dan makna buah kelapa ini, diantaranya bahwa tiap Sangadi inti kelangsungan hidup desa, seorang yang rohaniah dan jasmaniah, penyesuaian diri ditengah masyarakat, memiliki cita-cita yang tinggi dan lurus, serta berpegang teguh pada landasan-landasan yang baik dan benar,” kata Fadly Usup.

Berikut arti Maskot Kelapa (Bongo atau Vango) pada Pilsang Kabupaten Bolmut tahun 2021

1. Buah kelapa dalam keadaan tumbuh dinamakan cikal yang menurunkan generasi baru. Jadi lambang buah kelapa yang tumbuh itu mengkiaskan bahwa tiap Sangadi yg baru terpilih merupakan inti bagi kelangsungan hidup desa.

2. Buah kelapa dapat bertahan lama dalam keadaan yang bagaimanapun juga. Jadi logo itu mengkiaskan bahwa sangadi adalah seorang yang rohaniah dan jasmaniah sehat, kuat, dan ulet. Selain itu besar tekadnya dalam menghadapi segala tantangan dalam hidup dan dalam menempuh segala ujian, serta kesukaran untuk mengabdi pada desa dan bangsa Indonesia.

3. Kelapa dapat tumbuh di mana saja, yang membuktikan besarnya daya upaya dalam menyesuaikan diri dalam masyarakat dimana dia berada dan dalam keadaan bagaimanapun juga.

4. Kelapa tumbuh menjulang lurus ke atas dan merupakan salah satu pohon yang tertinggi di bolmut. Jadi logo itu mengkiaskan bahwa sangadi mempunyai cita-cita yang tinggi dan lurus, yakni yang mulia dan jujur, dan dia tetap tegak tidak mudah diombang-ambingkan oleh sesuatu.

5. Akar kelapa tumbuh kuat dan erat di dalam tanah. Jadi logo itu mengkiaskan tekad dan keyakinan bahwa sangadi yang berpegang pada dasar-dasar dan landasan-landasan yang baik, benar, kuat dan nyata ialah tekad dan keyakinan yang dipakai olehnya untuk memperkuat diri guna mencapai cita-citanya atau visi dan misinya selama 6 tahun.

Ads

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here