Profil Firman Usman, Mantan Pemain Nasional Yang Kini Dirikan Akademi Sepak Bola AFU 08 di Sulut

0
94

Celebes.news, Kotamobagu – Firman Usman yang dikenal dengan panggilan Firus adalah pemain sepak bola kelahiran Makassar, 25 September 1977. Firus adalah putra ke 3 dari  Usman Galla dan Ratnawati, beliau berdualah yang berjasa memberikan kesempatan kepada Firus untuk memilih dunia sepak bola hingga meraih kesuksesan dibandingkan melanjutkan pendidikannya dimasa itu.

Firus mulai mengenal sepak bola sejak dirinya berumur 7 tahun dan memulai karir profesional sebagai pemain sepak bola pada umur 18 tahun pada Pra Pekan Olah Raga Nasional (PON) di Kalimantan Selatan.

Dengan mengikuti sejumlah Pra PON inilah dirinya mulai mendapatkan kesempatan untuk meniti karir profesionalnya.

Atas kemampuan yang dimiliki oleh Firus sebagai gelandang serang, dirinya mendapat kepercayaan dari Rudi Kerces saat pertandingan persahabatan Barito Putera versus Persiba Balikpapan. Dikisahkan oleh Firus, pada pertandingan tersebut dirinya mencetak 1 gol, dari sinilah dirinya mendapat kesempatan emas untuk masuk di Persatuan Sepak Bola (PS) Barito Putera Senior pada tahun 1998 yang saat itu masuk di Liga Utama di Indonesia pada liga V hingga liga XI.

Usai dari liga XI bersama Barito Putera, pada tahun 2003 Firus hengkang ke PSB Langsa Aceh di Divisi I selama 1 musim. Selanjutnya  pada 2005 dirinya pindah ke Persikabo Bogor yang masuk di divisi I selama dua musim dibawah asuhan Eri Kiswanto.

Firus sempat dijuluki Sinchan saat di Lapangan hijau

Pada tahun 2007, 2008 hingga 2009 Firus bergabung ke Persatuan Sepak Bola Bolaang Mongondow (Persibom) Sulawesi Utara (Sulut) bersama pemain lokal seperti Andi Daun, Kiki Mokodompit, Oyong, Kristian dan Edek Paputungan.

Usai membela Persibom, pada periode 2011 hingga 2017 Firus hijrah lagi ke sejumlah klub seperti Klub di Pekanbaru, PS Bontang, PS Villa, PS Kediri dan PS Tebilahan Aceh. Dan pada tahun 2018 Firus memutuskan pensiun sebagai pemain sepak bola profesional.

Ditahun yang sama, Firus yang memiliki kecintaan yang sangat besar terhadap sepak bola ini mendirikan Academy Firman Usman (AFU) 08 melatih para pemain muda  di daerah Bolaang Mongondow Raya (BMR) Sulut.

Kepada awak media celebes.news, Firus mengungkapkan, dirinya memilih melatih di BMR dengan mendirikan AFU 08 di Kelurahan Sinisndian Kota Kotamobagu, karena dirinya ingin lebih dekat dengan putera semata wayangnya.

“Saya menjadi pemain profesional selama 21 tahun dan karena kecintaan terhadap sepak bola, saya mendirikan AFU 08 ini untuk melatih pemain muda yang ada di BMR agar menjadi pemain profesional,” tuturnya.

Menurut Firus, dirinya mulai melatih di AFU 08 pada tahun 2018, dengan 80 pemain muda yang tersebar di BMR yang berasal dari Bolsel, Boltim, Bolmong, dan Kota Kotamobagu.

“Anak-anak ini mendaftar dengan biaya yang terjangkau untuk pemenuhan kebutuhan latihannya seperti kostum, alat latihan dan sebagainya,” ucapnya.

Suasana latihan di AFU 08

Firus mengungkapkan, selama melatih di AFU ada sejumlah nama yang telah dikirim ke sejumlah klub besar di Indonesia seperti Persija Jakarta, Borneo FC, dan Barito Putera.

“Yang pernah saya kirim ke klub besar itu seperti Budi, Timan, Fatra, Alul, Uteng, dan Yudi. Dan untuk saat ini ada 4 pemain yang telah bergabung ke klub besar di Indonesia seperti Imar Mohama (Barito Putera Junior), Dio Pratiko Kolopita (Barito Putera Junior), Moh  Fadhil Tonote (Persija Jakarta U-16, Dzar Ghifari Makalalag (Borneo FC U-18),” ucapnya.

Menurut Firus, untuk menjadi pelatih tidak ditentukan oleh berapa lama seorang pemain  berkiprah di lapangan hijau. Namun, harus memiliki lisensi serta keilmuan khusus untuk melatih calon pemain yaitu mulai dari latihan skill, fisik dan pengetahuan.

“Untuk program dan metode yang diterapkan di AFU 08 adalah metode Filanesia yang berlaku di Indonesia . Khusus di AFU 08 jadwal latihannya setiap hari Senin, Rabu, Jumat dan Sabtu bertempat di Lapangan Sinindian,” ucapnya.

Firus juga mengungkapkan, selama melatih di BMR, dirinya mendapatkan dukungan masyarakat dan berbagai pihak baik sejak latihan hingga pada sejumlah pertandingan berskala lokal BMR dan Sulut.

Firus

“Kami dari manajemen AFU tentunya membuka diri kepada pihak Pemerintah Kotamobagu, pengusaha dan serta perusahaan di BMR yang ingin mendukung AFU 08 untuk menciptakan calon pemain profesional untuk berkiprah di klub besar di Indonesia. Untuk pemain muda yang saat ini telah bergabung di klub besar agar menguatkan mental dan terus berlatih keras agar dapat menjadi pemain yang dapat membawa nama baik BMR dan Sulut,” kata Firman Usman.

Berikut Biografi Firman Usman :

Nama : Firman Usman (Firus)
TTL.   :  25 September 1977
Ayah. : Usman Galla
Ibu.    : Ratnawati

Prestasi : Pelatnas Yahun 2000
Pelatnas Seagames 2001
Australia
Klub :
Haornas Sulsel.                2003
PSM Junior                       1994-1996
Barito Putera                     1997-2003
PSBL Langsa                     2004
Persikabo Bogor               2005-2007
Persibom.                          2007-2009
Persih Tembilahan.          2010-2011
Bontang FC.                      2012-2013
Persih Tembilahan.          2014-2015
Villa                                    2000-2016
Persik Kediri                      2017
Persih tembilahan            2018
Persikokot Kotamobagu  2019

Ads

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here