Wakili Bupati, Sekda Bolmut Resmi Membuka Rapat Tim Pora

0
21

Celebes.news, Bolmut – Mewakili Bupati Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) Drs.Hi.Depri Pontoh, Sekertaris Daerah  Bolmut DR. Drs. Hi. Asripan Nani M.Si, membuka secara resmi kegiatan Rapat Tim Pengawasan Orang Asing (Tim Pora) Kabupaten Bolmut tahun 2021 yang Bertempat di Hotel Boroko, pada Rabu, 13/10/2021.

Dalam kegiatan tersebut, Sekda membacakan sambutan Bolmut yang menyampaikan, pihaknya menyambut baik dan mengucapkan terima kasih kepada kantor imigrasi kelas II kotamobagu yang telah memprakarsai kegiatan ini,
“Kegiatan ini memiliki nilai yang sangat penting dalam rangka menyatukan sinergitas pengawasan orang asing,” ucap Sekda.

Baca juga : Pemkab Bolmut Tandatangani MoU Dengan Pengadilan Agama Boroko dan Kemenag Bolmut

Sekda menyampaikan, kehadiran orang asing di negara kita bukanlah sesuatu yang baru, mengingt wilayah kita sebagai bagian dari pasar global seiring dengan menurunnya angka penyebaran Covid-19,
“Sehingg tidak mustahil negara kita didatangi oleh orang asing dengan beragam aktivitasnya, seperti bisnis ekonomi, kunjungn wisata, kunjungan budaya, aktivitas sosial kemasyarakatan dan lain lain,”tuturnya.

Baca juga : Jalin Kerja Sama Bidang Kesehatan dan Pariwisata, Pemkab Boltim Kunjungi Bolmut

Sekda menyampaikan, dilihat dari posisi yang sangat strategsi sebagai tujuan maupun transit lalu lintas orang asing dan barang maka sangat potensial diboncengi oleh kepentingan lain secara ilegal dan tidak bertanggung jawab.
“Misalnya perdagangan manusia, lalu (Human Trafficking), penyeludupan manusia, lalu lintas barang terlarang serta kepentingan bernuansa poltik, ekonomi, sosial budaya yang dapat mengancam stabilitas negara dan daerah,” kata Asripan Nani saat membacakan sambutan Bupati Bolmut. (Ferdi)

Kegiatan tersebut dihadiri Kepala Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Kotamobagu, Usman. SE, MH, Pejabat TNI/Polri, Serta Pimpinan OPD Terkait.

Ads

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here